Home » » Cara Menyemai Biji Mengkudu/ Pace

Cara Menyemai Biji Mengkudu/ Pace


Buah mengkudu mempunyai 2 jenis buah berdasarkan struktur buahnya, yaitu jenis mengkudu berbiji yang mempunyai banyak biji dan jenis mengkudu tanpa berbiji. Buah ini dapat dijadikan buah untuk penghias lahan maupun untuk bercocok tanam. Bagian yang dapat dimanfaatkan dari buah ini adalah pada bagian daun dan buah. Daun mengkudu mempunyai rasa yang agak pahit, namun mempunyai kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Daun mengkudu dapat disajikan sebagai sayuran.

Buah mengkudu mengandung banyak kandungan yang sangat baik bagi kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti sakit ginjal, hipertensi, luka, masuk angin, jantung koroner, kolesterol tinggi, dan masih banyak lagi lainnya.
Dilihat dari segi manfaatnya yang sangat beragam, buah ini sangat cocok untuk dijadikan peluang bisnis.

Beberapa ciri yang bisa ditemukan pada buah ini adalah tanaman ini mempunyai ketinggian sekitar 3-8 meter, berbentuk perdu, merupakan tanaman tahunan, batang tanamannya keras, dan mempunyai banyak percabangan. Daun termasuk daun tunggal, dengan bentuk lonjong dan bewarna hijau mengkilap pada permukaan, sedangkan bagian bawah daun bewarna hijau agak pucat.

Buah mengkudu mempunyai variasi bentuk, agak bulat, agak lonjong, dan panjang, dan bagian permukaan tidak rata. Pada saat belum masak, buah ini memiliki warna kehijau-hijauan dan pada saat matang buah akan berwarna hijau keputih-putihan.

Setelah mengulas berbagai ciri dan jenis mengkudu, kali ini Nusatani.com akan mengulas cara membudidayakan buah mengkudu dari biji. Banyak cara ditempuh untuk mengembangkan buah mengkudu tetapi banyak pula yang gagal. Berikut adalah cara singkat cara menyemai biji mengkudu versi Nusatani.com yang sangat singkat dan mudah untuk dipraktikkan :


  1. Pilihlah buah mengkudu yang sudah tua, terlihat dengan warna kecoklatan dan lembek. 
  2. Rendam buah mengkudu selama 26 hari di dalam ember tertutup,
  3. Bilas bersih biji buah mengkudu dan pisahkan dari sisa kotoran daging buah yang sudah membusuk, 
  4. Tiriskan biji mengukudu dan jemur hingga kering. 
  5. Tabur dalam media semai kemudian tutup dengan tanah sedalam 1-3 cm.
  6. Biarkan selama 45 hari dan benih mengkudu siap dipindahkan ke media polybag. 


Demikian sekilas tentang cara singkat menyemai mengkudu dari biji, memang butuh kesabaran karena biji mengkudu termasuk biji keras dan membutuhkan waktu lama dalam pertumbuhannya.NT.

Konsultasi dan pemesanan bibit di : WA  : 085227938884 Pin BB : NUSATANI

Temukan Kami Di Facebook

 
Support : Your Link | Kontak Kami | Your Link
Copyright © 2017. NusaTani.com - All Rights Reserved