Home » » Manfaat Ajir Tanaman

Manfaat Ajir Tanaman


Pengertian Ajir adalah alat penegak yang terbuat dari batang bambu atau tongkat bilahan bambu berfungsi sebagai penyangga batang, tempat bersandar pohon atau merambatnya untuk tanaman peredu dan sejenisnya,  dapat di pasang setelah selesai membuat pembubunan dan selesai mensterilkan kebun bisa juga berfungsi sebagai penanda,seperti  batas petak, baris tanaman. Ajir juga dipasang sesudah bibit ditanam, dan bibit sudah mengeluarkan sulur-sulurnya kira-kira tingginya adalah 50 cm.

Manfaat Ajir bagi tanaman adalah diantaranya adalah :
  1. Sebagai penopang tanaman supaya tidak mudah rebah/roboh. Pada tanaman yang masih dalam tahap pertumbuhan, pemberian tiang ajir sangat penting agar melatih tanaman tetap kokoh dan berada pada posisi yang ditentukan.
  2. Sebagai penopang tanaman agar tidak mudah rusak atau terkoyak akibat curah hujan tinggi, tiupan angin, atau karena adanya pengaruh senggolan dengan serangga, dan atau akibat dari aktivitas fisik lainnya.
  3. Agar tanaman tumbuh lurus ke arah langit/sejajar tumbuh ke arah atas, mencegah tanaman tidak tumbuh bengkok ke arah samping kanan, atau samping kiri;
  4. Memperbaiki fungsi tumbuhnya tanaman agar tetap maksimal;
  5. Agar penyampaian nutrisi tanaman dari akar ke atas organ tumbuh tanaman semakin optimal;
  6. Mempercepat proses fotosintesis pada tanaman, karena tanaman menghadap tepat di atas cahaya matahari.
Oleh karena ajir adalah ilmu terapan yang diperoleh dari nenek moyang dari dulu kala, maka kita sebagai generasi penerus alangkah baiknya menggunakan ajir dalam menanam segala jenis tanaman sebagaimana manfaat ajir yang telah disebutkan.NT

0 komentar:

Posting Komentar

Temukan Kami Di Facebook

 
Support : Your Link | Kontak Kami | Your Link
Copyright © 2017. NusaTani.com - All Rights Reserved