Home » » Lada Perdu

Lada Perdu


Lada mempunyai manfaat yang cukup banyak bagi kehidupan.  Bagi ibu rumah tangga, lada (merica) digunakan sebagai bumbu atau penyedap makanan. Ketersedian lada untuk kebutuhan rumah tangga dapat dilakukan dengan menanam lada perdu di pekarangan rumah atau sebagai tanaman pot.  Lada perdu disekitar tanaman rumah juga sebagai tanaman hias yang cukup menarik untuk menghiasi pekarangan rumah. Keberadaan lada perdu juga dapat manjadi tanaman alternatif bagi para pehobi tanaman hias.

Dalam hal budidaya untuk pertanian, lada perdu juga merupakan komoditas yang menguntungkan. Untuk efisiensi usahatani lada, diperlukan pengurangan biaya produksi. Mengingat penggunaan tiang panjat dapat menambah biaya produksi, maka lada perdu merupakan salah satu alternatif usahatani yang perlu mendapat perhatian bagi petani lada.

Varietas maupun hasil produksi tidak berbeda dengan lada panjat sehingga penggunaan lada perdu tidak berpengaruh pada pemasaran hasil. Penggunaan tanaman lada perdu juga mempunyai keunggulan lain apabila dibandingkan dengan lada panjat, diantaranya yaitu:
1. Pemeliharaan tanaman lebih mudah,
2. Pelaksanaan panen lebih mudah,
3. Berproduksi lebih awal (1 tahun),
4. Populasi tanaman per satuan luas lebih banyak (4000-4500 tanaman/ha),
5. Dapat ditanam secara tumpangsari, dan
6. Dapat ditanam sebagai tanaman sela diantara tanaman tahunan/ buah.

Pembibitan lada perdu cukup mudah dilakukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti varietas, pemilihan pohon induk, waktu tanam, persemaian dan lain-lain. Hal tersbut harus dilakukan ecara cermat suapaya menghasilkan bibit-bibit yang unggul dan berkualitas. Maka untuk memudahkan usaha budidaya lada perdu anda, Nusatani.com menyediakan bibit lada perdu unggulan yang berkualitas dengan harga bersaing.

0 komentar:

Posting Komentar

Temukan Kami Di Facebook

 
Support : Your Link | Kontak Kami | Your Link
Copyright © 2017. NusaTani.com - All Rights Reserved