Home » » Durian Montong Orange / Tanaman yang Menjanjikan

Durian Montong Orange / Tanaman yang Menjanjikan






NusaTani.com Rabu, 11/02/2015
Karangsalam adalah desa penuh dengan kesederhanaan, kemurahaan dan tentunya pertanian. Bukan sekedar desa dipegunungan saja, tetapi desa Karangsalam juga memiliki kekhasan dibandingkan desa pegunungan lainnya. Unggulan di karangsalam tentunya durian. durian montong

Buah durian merupakan buah berkarakter kuat. Selain bentuknya yang unik, buah yang memiliki nama latin Durio zibenthinus ini juga mengeluarkan aroma yang sangat khas. Durian memiliki banyak varian. Salah satunya adalah durian montong orange. Jenis durian ini kini menjadi primadona di kalangan petani di sini.

Awal mulanya petani di sini sebagian besar adalah petani cengkeh. Tetapi diawal 2000an Indonesia mengalami krisis ekonomi sehingga pada saat itu harga cengkeh pun ikut mengalami dampaknya. Sehingga petani di sini beralih menanam pohon durian.

Pada saat dimulailah pertanian durian di sini, awalnya petani disini menanam pohon durian dari proyek pemerintah tetapi buahnya kurang memuaskan. Daging buahnya orange tapi besar buahnya kecil, sehinga petani di sini berinovasi untuk membuat okulasi durian. Dengan bahan dasar durian kuning mas dan durian super yang di dapatkan bibitnya dari Semarang.

Setelah lima tahun riset dilakukan oleh para petani yang inovatif akhirnya muncullah durian montong orange dari desa Karangsalam. Sekarang petani di sini telah menikmati hasil kerja keras mereka selama ini. Pohon durian yang mereka tanam dulu sekarang sudah menghasilkan buahnya, dan disetiap musim durian berlangsung yaitu antara bulan januari sampai maret tidak mati pendapatan setiap pohon yang sudah produktif telah menghasilkan minimal 150 kg per pohon.

Dan berkat usaha keras para petani yang telah mengembangkan durian montong orange, sekarang perekonomian para petani durian sudah mulai bangkit lagi. Daging buahnya yang tebal dan rasanya yang legit membuat semua orang yang mencobanya pasti ingin merasakan kenikmatannya kembali.  Dan sampai sekarang si raja buah dari Karangsalam ini telah menjadi buruan para penikmat si buah berduri ini. NT

0 komentar:

Posting Komentar

Temukan Kami Di Facebook

 
Support : Your Link | Kontak Kami | Your Link
Copyright © 2017. NusaTani.com - All Rights Reserved