Home » » Manfaat Kapulaga

Manfaat Kapulaga



Buah ini sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu. Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga Jawa (Amomum compactum) dan kapulaga sabrang atau kapulaga India (Elettaria cardamomum); kedua-duanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean atau Zingiberaceae.Kapulaga atau di sebut juga Amomum cardamomum selama ini dikenal sebagai rempah untuk masakan dan juga lebih banyak digunakan untuk campuran jamu. Di beberapa daerah kapulaga dikenal dengan nama kapol, palago, karkolaka, dan lain-lain.

Khasiat Kapulaga

Biji, yang diambil dari tumbuhan sebelum buah masak benar, dapat dimanfaatkan sebagai obat. Dalam dunia obat-obatan biji yang telah dikeringkan dinamakan semen cardamomi. Selain bijinya, yang digunakan untuk obat adalah bagian akar, buah, dan batangnya. Kapulaga mengandung minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik. Dari kandungan tersebut kapulaga memiliki khasiat sebagai obat batuk. Kapulaga juga memiliki khasiat untuk mencegah keropos tulang.

Beberapa pabrik bumbu juga mengekstrakkan minyak asiri dari biji kapulaga menjadi oil of cardamom yang kemudian dikemas dalam botol. Dalam bentuk minyak ini pula, kapulaga dipakai untuk menyedapkan soft drink dan es krim Amerika di pabriknya.

20 Manfaat Kapulaga antara lain :
1. Memperlancar Pencernaan dan Menjaga Kesehatan Lambung
2. Meningkatkan peredaran darah
3. Mencegah keasaman pada Lambung
4. Mencegah Osteoporosis
5. Menghilangkan Rasa Nyeri
6. Menjaga Kesehatan ginjal
7. Meningkatkan Sistem Kekebalan
8. Menghilangkan Depresi
9. Menjaga Kesehatan Jantung
10. Membantu Mengatasi Flu dan Batuk
11. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi
12. Mencegah KankerManfaat Kapulaga Untuk Kecantikan
13. Menjaga Kecantikan Kulit dan Kesehatan Rambut
14. Diet alami menggunakan kapulaga

15. Mengobati gatal pada Tenggorokan
16. Mengeluarkan racun pada tubuh
17. Meredakan panas tubuh akibat sengatan sinar matahari
18. Meredakan Sakit Kepala
19. Meningkatkan kualitas Suara
20. Dongkrak Stamina di Malam Hari

Sifat afrodisiak pada kapulaga mampu mengobati penyakit impotensi dan ‘keluar dini’.
Demikian manfaat kapulaga bagi kesehatan yang sangat menakjubkan. Sediakan di rumah anda agar manfaatnya dapat dirasakan. Mungkin anda punya tips lain terkait Kapulaga, silahkan berkomentar. Berbagi tips sangat menyenangkan, juga dapat menjadi kebaikan bagi semua.

0 komentar:

Posting Komentar

Temukan Kami Di Facebook

 
Support : Your Link | Kontak Kami | Your Link
Copyright © 2017. NusaTani.com - All Rights Reserved